STRATEGI DAN TAKTIK TINGKAT TINGGI DALAM BULUTANGKIS
Bagian ini akan menguraikan tentang keterampilan yang lebih tinggi dari pada yang telah dijelaskan dalam bagian Tingkat Dasar Permainan Bulutangkis. Ingatlah selalu bahwa Bulutangkis merupakan permainan yang menuntut Anda untuk berfikir bila Anda ingin menjadi Juara.
Belajarlah untuk mengkonsentrasikan diri pada tiap bagian dari permainan ini, dan cobalah untuk tidak melewatkan salah satu bagian agar Anda tahu lebih banyak dibandingkan lawan Anda.
Gunakan waktu pemanasan dan waktu pengumpulan angka-angka pertama untuk mempelajari tipe permainan lawan Anda. Apakah ia mempunyai gerakan kaki yang lambat? Apakah ia dapat membingungkan? Apakah pukulan backhand belakangnya lemah? Apakah ia terlalu melindungi kelemahan backhand nya sehingga forehand nya terbuka untuk diserang? Apakah Anda dapat mengalahkannya dengan pukulan-pukulan cepat?
Bila ia mempunyai kelemahan, dan ini hampir ada dalam diri setiap pemain, cobalah untuk menemukannya. Cobalah untuk memenangkan tiap turnamen dengan usaha atau tenaga sedikit mungkin. Hematlah tenaga Anda untuk menghadapi turnamen berikutnya yang mungkin lebih berat.
Pemanasan
Dalam banyak turnamen, Anda tidak akan dapat melakukan pemanasan sampai 10-15 menit. Oleh karena itu, lakukanlah gerakan-gerakan dan latihan sebelum Anda mulai masuk lapangan untuk memulai pertandingan. Mulailah dengan melakukan gerak putar untuk bahu dan lengan. Perlahan-lahan mulailah melatih otot-otot yang lebih rendah, sehingga akhirnya otot punggung dan kaki telah dilemaskan secara sempurna. Ini akan mencegah Anda mendapat kejang otot (kram), dan Anda siap untuk mulai bermain.
Pada pukulan-pukulan pemanasan di lapangan, tujukan shuttle pada tempat-tempat yang spesifik, sehingga Anda melatih ketepatan yang dibutuhkan dalam pertandingan. Latihlah pukulan-pukulan khusus pada saat tersebut, yang akan Anda mainkan dalam pertandingan. Misalnya: pukulan clear dan drop untuk permainan tunggal; smes, drop, dan pertahanan diri untuk permainan ganda putra; serta drive untuk pemain putra dan pukulan net untuk pemain putri dalam permainan ganda campuran.
Cobalah untuk mengenali lawan Anda bila waktu mencukupi. Selalulah ingat, apakah ia kidal, suka berlari, mempunyai smes keras, dan sebagainya.
Strategi Dan Taktik Permainan Tunggal Tingkat Tinggi
Latihan
Tiap kali Anda pergi ke lapangan untuk berlatih, gunakan otak Anda. Tetapkan sasaran yang pasti untuk tiap kesempatan latihan Anda. Misalnya: bila pertahanan Anda terhadap smes masih lemah, lakukan clear pendek sehingga lawan Anda menyemes Anda. Ini akan memberikan Anda kesempatan-kesempatan yang baik untuk melatih pertahanan terhadap smes, dan lawan Anda tidak perlu mengetahui hal ini. Anda tidak akan mempunyai masalah bila teman berlatih Anda mau berlatih bersama. Tetapi bila semua orang hanya ingin memainkan pertandingan dan malas melakukan latihan, janganlah Anda kecewa dan merasa putus asa. Gunakan pertandingan-pertandingan ini untuk melatih keterampilan Anda. Anda dapat mencoba dengan cara ini. Dalam pertandingan tersebut, jangan menggunakan salah satu dari ketiga pukulan dasar (clear, drop, dan smash). Gunakan hanya dua jenis pukulan, dan cobalah untuk menang. Ini merupakan latihan yang sangat berguna untuk Anda. Latihan-latihan berat yang dapat Anda lakukan dengan partner yang juga mau berlatih.
Lakukan latihan-latihan memukul dengan baik, kedua tipe pukulan clear, yaitu: Clear tinggi yang bersifat mempertahankan diri; dan Clear menyerang yang rendah.
Mainkan satu pertandingan latihan dengan hanya menggunakan pukulan clear yang bersifat mempertahankan diri. Kemudian mainkan pertandingan latihan yang hanya menggunakan clear yang bersifat menyerang.
Gunakan sebanyak mungkin waktu dan usaha untuk menyempurnakan ketinggian atau daya capai lambungan shuttle Anda dalam membuat pukulan clear. Kurangnya penguasaan keterampilan ini, telah menyebabkan banyak kekalahan dibandingkan yang disebabkan oleh kekurangan di bidang lain. Untuk dapat selalu memukul clear yang baik, yang jatuh sekitar 15 cm dari garis belakang lapangan lawan, diperlukan suatu keterampilan yang menuntut kecermatan tinggi.
Hindarkan Bermain Dengan Pola Yang Sama
Jangan sekali-kali menganut pola permainan yang sama, yang dapat dengan mudah dikenali oleh lawan Anda. Karena lawan Anda yang cerdik akan dapat mengantisipasinya dengan mudah dan memberikan pukulan yang mematikan. Seberapa baguspun keterampilan Anda, tetap akan kurang bermanfaat jika Anda mengembangkan pola permainan yang sama (monoton).
Reaksi Yang Dipersiapkan
Urut-urutan pukulan yang baik, yang dapat Anda gunakan untuk menghadapi lawan adalah yang dinamakan pola mempersiapkan. Lakukan empat, lima, atau enam pukulan ke satu sudut yang sama dalam lapangan lawan Anda. Kemudian dengan melakukan gerakan tubuh yang sama, tembakkan pukulan ke sudut yang berlawanan secara diagonal. Gerakan tubuh yang sama akan mengelabuinya.
Setelah Anda melakukan empat atau lima pukulan ke satu sudut secara terus-menerus, lawan Anda akan mempersiapkan diri untuk menghadapi pukulan berikutnya yang sama, dan bergerak ke arah sudut yang baru disebutkan tadi, pada saat Anda akan memukul lagi. Pukulan Anda ke sudut yang berseberangan akan dapat mengecoh dan mengalahkannya.
Teori Tengah Lapangan
Salah satu strategi yang baik untuk digunakan pada akhir suatu pertandingan adalah teori tengah lapangan. Misalnya, pada kedudukan angka-angka kritis 11-12, 10-13, 9-14 (untuk aturan hitungan sampai 15) atau angka-angka 16-17, 14-16, 13-18 (untuk aturan hitungan sampai 21), dimana Anda dalam kedudukan kalah angka dan menghadapi masalah untuk sama sekali tidak boleh membuat kesalahan lagi, Anda dapat menghindarkan diri dari melakukan pukulan dekat garis samping lapangan yang sangat riskan.
Hal yang harus Anda lakukan adalah mencoba melakukan pukulan smes yang cukup sering, dengan mengarahkannya ke tubuh lawan. Kemudian ubahlah rangkaian smes Anda dan arah sasaran pukulan Anda. Bila Anda melakukan clear atau drop, lakukanlah ke arah tengah lapangan. Ini akan mengurangi kesalahan di pihak Anda, dan memperkecil sudut datangnya shuttle dari pukulan pengembalian lawan.
Smes Ke Arah Tubuh
Dewasa ini, para pemain ternama jarang menggunakan pukulan smes ke arah tubuh lawannya. Banyak dari mereka yang lebih memilih melakukan pukulan smes silang, dengan harapan bahwa lawan akan membuat pukulan pengembalian yang lemah atau bahkan tidak mampu menjangkau pukulan tersebut.
Namun, mengingat cukup banyak pemain handal yang mampu mempertahankan diri dengan baik terhadap serangan smes yang diarahkan ke samping dengan merentangkan tangan dan menggunakan dengan bebas lengan dan raketnya, maka pukulan smes ke arah tubuh sangat mungkin akan mampu membuat permain-pemain seperti itu berada dalam gerak terjepit, dan memaksa mereka untuk melakukan pukulan drop pendek. Karena sebagian besar pemain memegang raketnya pada sisi backhand nya, maka sasaran pukulan smes yang tepat adalah pada bagian kanan dari tubuh lawan pada ketinggian antara lutut dan pangkal lengan (lakukan pukulan smes ke bagian kiri tubuhnya jika pemain tersebut adalah kidal).
Bila Anda telah berhasil melakukan pukulan smes yang baik, bergeraklah ke jaring dan berusahalah untuk mematikan dengan cepat pukulan lemah yang biasanya dikembalikan oleh lawan Anda. Kecermatan dan reaksi yang cepat sangat diperlukan dalam melakukan serangan akhir yang mematikan tersebut.
Bila ternyata lawan Anda mampu mengembalikan pukulan smes Anda dengan drop yang baik, Anda tidak akan rugi karena Anda telah berada dekat jaring dan dengan demikian Anda akan dapat mengembalikan pukulannya dengan baik pula.
Smes Dengan Setengah Kecepatan
Keterampilan ini sangat berharga terutama dalam permainan tunggal. Smes seperti inilah yang cocok untuk pukulan menyilang lapangan karena akan memaksa lawan untuk bergerak ke muka mendekati jaring dalam upayanya menjangkau pukulan ini, atau ia akan digagalkan oleh sudut datangnya shuttle.
Ingatlah bahwa pukulan smes yang keras akan membawa shuttle jauh lebih ke belakang lapangan lawan. Untuk melancarkan kombinasi pukulan smes keras dan pukulan setengah smes (smes terpotong/miring).
Permainan Kuat
Bila Anda seorang pemain yang memiliki pukulan smes yang kuat dan cukup cepat bergerak, Anda dapat mencoba tipe permainan seperti berikut: Lakukan pukulan serangan pada saat permulaan rally, dan lanjutkan serangan Anda sampai Anda memenangkan angka.
Kunci dari tipe permainan ini adalah memberikan tekanan pada lawan Anda. Tekanlah lawan Anda, usahakan agar ia terus berada dalam posisi tertekan sampai akhirnya ia menyerah. Di samping pukulan servis yang tinggi dan jauh ke belakang, ada dua hal lagi yang penting untuk seorang pemain yang memainkan permainan kuat ini, yaitu :
- Servis rendan; dan
- Servis menjentik yang jauh ke belakang.
Servis menjentik yang jauh ke belakang berguna bila Anda berhasil menjadi pihak yang menyerang dengan pukulan tersebut. Variasi servis menjentik yang jauh ke belakang ini, akan mencegah lawan Anda untuk selalu mematikan servis rendah Anda.
Pada setiap kesempatan Anda ingin melakukan pukulan clear dan Anda berada dalam posisi seimbang atau siap, gunakan clear rendah yang bersifat menyerang. Pukulan ini bila dilakukan dengan baik, akan jatuh di belakang lawan Anda, dan ia terpaksa melakukan pukulan ke atas, ke arah Anda. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk melakukan pukulan smes keras yang mematikan.
Pukulan smes keras akan sangat membantu dalam tipe permainan ini, tetapi yang lebih penting adalah arah smes yang baik. Pelajarilah cara melakukan pukulan smes yang lurus, menyilang lapangan, dan menuju tubuh lawan Anda dengan baik. Variasikan ketiga jenis smes ini dan ini akan memberikan lebih banyak masalah bagi lawan Anda. Anda sangat perlu menguasai pukulan setengah smes yang tadi diuraikan. Karena, selain smes keras maka Anda akan sering membutuhkan setengah smes, yaitu bila Anda berada terlalu di belakang lapangan Anda. Pukulan setengah smes kadang-kadang Anda perlukan juga ketika Anda sedang berada dalam ketidakseimbangan, sehingga pukulan smes keras akan mengacaukan posisi lapangan Anda.
Gunakan pukulan setengah smes pada kesempatan yang telah disebutkan diatas, dan tetaplah berada dalam posisi menyerang. Keuntungan dari pelaksanaan pukulan setengah smes ini adalah sudut datang yang besar dan arah layang shuttle yang akan memaksa lawan untuk mengembalikannya ke arah atas. Pada pukulan drop cepat ini, tidak menjadi masalah bila shuttle jatuh di belakang garis servis pendek.
Untuk dapat memainkan permainan kuat dengan baik, Anda harus dapat menguasai permainan jaring (net) juga dengan baik. buatlah supaya lawan Anda takut melakukan permainan jaring dengan Anda. Bila ia berada jauh di belakang lapangannya dan melakukan pukulan drop, kembalikan dengan pukulan 13 cm di atas jaring dan biarkan shuttle jatuh dekat jaring di seberang lapangan Anda. Ini akan memaksa lawan Anda untuk berlari jauh ke muka, ke arah jaring. Bila ia kemudian melakukan pukulan clear dari posisi ini, biasanya ia tidak akan dapat membuatnya jauh ke belakang lapangan Anda, dan kembalikan clear pendeknya dengan smes Anda.
Usahakan untuk mendapatkan pukulan balasan yang lemah, dan Anda dapat mematikannya. Bila Anda tidak dapat mematikan shuttle pada saat Anda berada dekat jaring, arahkanlah dengan cepat ke tubuh lawan. Ini biasanya akan menyebabkan ia melakukan pukulan balasan yang lemah, sehingga memberikan peluang kepada Anda untuk mematikannya.
Sudut Pengembalian
Sudut pengembalian adalah sudut yang dibuat shuttle pada pukulan pengembalian yang dilakukan lawan Anda. Dalam permainan tunggal, cobalah selalu untuk melakukan dua hal berikut ini :
- Perkecil kemungkinan sudut pukulan lawan Anda; dan
- Perbesar kemungkinan sudut pukulan yang Anda lakukan. Metode yang paling mudah untuk mempelajari sudut pengembalian adalah pada pukulan servis. Bila Anda melakukan servis dari garis pertengahan lapangan Anda, dan mengarahkannya ke tempat yang dekat dengan garis pertengahan lapangan lawan. Anda mengurangi sudut datangnya shuttle, dan mengurangi bahaya (baik bagi pihak Anda maupun bagi pihak lawan Anda). Lawan Anda harus memukul shuttle menjauhi Anda untuk mencoba melampaui Anda.
Mungkin jenis pukulan yang paling sering disalahgunakan (menyulitkan sudut pengembalian) adalah pukulan net clear yang menyilang lapangan, yang dilakukan setelah lawan melakukan drop dari bagian belakang lapangannya. Bila Anda melakukan hal ini, Anda langsung melebarkan sudut pengembalian. Bila pukulan clear Anda pendek (kurang ke belakang), lawan Anda akan dapat melakukan smes lurus ke depan dan mengalahkan Anda. Oleh karena itu, bila lawan Anda melakukan drop dari bagian belakang lapangannya, dan Anda hendak membalasnya dengan pukulan clear, 90% dari kesempatan yang Anda peroleh harus Anda gunakan untuk melakukan clear yang lurus.
Posisi Lapangan
Posisi lapangan akan berubah-ubah tergantung pada pukulan apa yang telah Anda lakukan sebelumnya. Selain itu, juga tergantung pada kemungkinan sudut pengembalian dan alternatif apa yang dimiliki lawan Anda di pihaknya. Sebagai contoh, Bila Anda telah melakukan drop dekat yang baik, dan lawan Anda harus berlari dari belakang lapangannya untuk menjangkaunya, jangan kembali ke posisi siap Anda di tengah lapangan. Tunggulah dekat jaring untuk mengantisipasi beberapa kemungkinan pengambaliannya:
- Biala lawan memainkan pukulan jaring yang tinggi, maka matikanlah pukulan tersebut; dan
- Bila lawan melakukan pukulan clear, dapat dipastikan itu merupakan pukulan yang pendek, sehingga Anda masih mempunyai waktu yang cukup banyak untuk melangkah mundur ke tengah lapangan guna menyemesnya.
Strategi Dan Taktik Permainan Ganda Tingkat Tinggi
Formasi yang paling baik untuk permainan ganda (baik putra maupun putri) adalah campuran antara posisi bersisian dan posisi di muka dan di belakang. Ini dinamakan sistem kombinasi atau sistem putar. Karena hal ini membutuhkan kerjasama yim yang luar biasa baik, maka diperlukan keterampilan tingkat tinggi untuk mempersiapkannya.
Sistem ini mempunyai peraturan yang sangat sederhana untuk posisi lapangan:
- Bila shuttle sedang melayang di udara, dan Anda sedang akan melakukan serangan, berdirilah dengan posisi di muka dan di belakang;
- Bila shuttle terpaksa dipukul tinggi oleh tim Anda, ambillah posisi bersisian untuk mempertahankan diri. Jadi jelas sudah bahwa tim Anda akan selalu berada dalam posisi berubah-ubah (atau berputar), yaitu dari posisi bersisian menjadi posisi di muka dan di belakang, serta dari posisi di muka dan di belakang menjadi posisi bersisian. Begitu seterusnya, tergantung pada situasi yang Anda hadapi.
Perubahan yang sama, terjadi pada saat tim yang sedang berada dalam posisi mempertahankan diri menerima pukulan tinggi dan mulai menyerang lawannya. Pemain yang berada jauh dari shuttle, maju mendekat jaring. Pada saat yang sama, pemain yang lebih dekat dari shuttle menghadapinya dan melakukan pukulan smes atau drop.
Bila shuttle melayang hanya sampai pertengahan lapangan, sebaiknya pemain yang melakukan pukulan maju ke muka ke arah jaring setelah melakukan serangan ke arah bawah lapangan lawan. Hal ini merupakan yang terbaik, dengan alasan sebagai berikut:
- Biasanya pemain akan selalu bergerak ke muka jika melakukan pukulan;
- Pemain tersebut sedang dalam keadaan bergerak, sehingga dalam keadaan lebih siap untuk melancarkan pukulan berikutnya; dan
- Pemain yang melakukan pukulan yang terakhir, lebih dapat menebak pukulan apa yang akan dilakukan lawan.
Servis (Service)
Seperti telah disinggung sebelumnya, servis dasar dalam permainan ganda adalah servis rendah. Karena banyak pemain yang baik akan berdiri dekat dengan garis servis pendek, dan akan langsung bergerak ke muka untuk menyambar servis pendek ini, maka usahakan untuk mengubah-ubah arah sasaran pukulan servis ini. Ini mungkin masih kurang berhasil bila Anda menghadapi pemain yang sangat cepat bergerak ke jaring. Anda harus menggunakan gerak menjentik, atau melakukan servis drive untuk menipu lawan. Ia tidak akan begitu berhasil menyambar servis Anda apabila Anda melakukan kedua jenis servis tersebut dengan baik. Dalam hal ini, gerakan permulaan dari pukulan servis pendek, menjentik, dan drive harus tampak benar-benar persis sama. Mekanisme gerakan tubuh yang benar telah diuraikan sebelumnya.
Seperti baru saja disebutkan, ubah-ubahlah arah atau tempat sasaran dari pukulan servis pendek Anda. Ada tiga tempat sasaran yang efektif yang dapat Anda lakukan:
- Sasaran yang baik adalah sedekat mungkin di dalam lapangan lawan Anda, dan di samping garis tengah (sumbu) lapangan. Ini akan memperkecil kemungkinan sudut pengembalian lawan Anda.
- Sasaran yang juga baik adalah melebar, dekat garis samping lapangan (antara dua garis sejajar). Ini sangat efektif untuk lawan yang tidak dapat bergerak atau mengubah arah dengan cepat. Sering terjadi, lawan akan mengembalikan servis ini jauh ke belakang. Bila Anda melakukan servis dari sisi kiri lapangan, hal ini akan memberikan kesempatan kepada partner Anda untuk melakukan drive cepat dan keras.
- Sasaran ketiga adalah bahu kiri lawan Anda, yaitu apabila si penerima servis dengan posisi raket forehand (banyak pemain melakukan hal tersebut). Bila pemain lawan menerima pukulan Anda dengan posisi raket backhand, arahkan shuttle ke bahu kanannya. Sasaran ini sangat baik untuk lawan yang sukar mengubah posisi raketnya dari salah satu sisi ke sisi lainnya. Hal yang sering terjadi adalah lawan Anda akan ragu-ragu sejenak, dengan sisi raket mana ia akan memukul shuttle, dan ini akan menyebabkan pukulannya menjadi lemah.
Pukulan servis menjentik ditujukan ke salah satu dari dua tempat yang disebutkan berikut ini:
- Ke tepi lapangan antara garis sejajar (garis batas tunggal dan garis batas ganda); atau
- Ke dalam bidang servis lawan tepat di samping garis pertengahan (sumbu panjang) lapangan lawan.
- Servis ke tepi lapangan menyebabkan lawan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjangkaunya, sehingga memberikan kesempatan bagi tim Anda untuk menyiapkan diri guna melakukan pukulan berikutnya;
- Bila lawan membalas dengan pukulan smes menyilang lapangan, pemain yang melakukan servis menghadapi shuttle yang lebih lambat kecepatannya dibandingkan bila servis permulaannya diarahkan ke bagian tengah lapangan yang menyebabkan lawan memukulnya dengan smes keras.
Pengembalian Servis (Service Return)
Seperti telah diuraikan sebelumnya, selalu usahakan untuk memukul shuttle secepat mungkin begitu melayang melampaui jaring. Anda harus mempelajari beberapa variasi pengembalian pukulan servis. Hal ini akan memberikan tekanan kepada lawan Anda yang cukup menegangkannya, sehingga ia berkonsentrasi untuk dapat mengembalikan shuttle melampaui jaring ke bidang permainan Anda. Ini akan mengurangi kemungkinan lawan melancarkan serangan tajam kepada tim Anda.
Pukulan yang baik untuk mengembalikan servis antara lain :
- Pukulan mendorong menuju tengah lapangan, lurus, dan tepat melampaui pemain yang melakukan servis, serta di depan pemain partnernya;
- Pukulan drive lurus yang jauh ke sudut belakang lapangan lawan;
- Pukulan drop yang jauh dari posisi pelaku servis;
- Pukulan mendorong yang diarahkan ke tubuh lawan yang tidak melakukan servis, yaitu kira-kira setinggi dada pada sisi forehand nya (bila ia berada dalam posisi backhand); dan
- Pukulan mendorong tepat melampaui punggung lawan yang melakukan servis (yang biasanya langsung bergerak ke muka untuk mempertahankan jaring).
- Pukulan mendorong dan menyilang, yang langsung diarahkan ke tubuh pelaku servis pada saat ia bergerak ke muka;
- Pukulan lurus ke tengah lapangan menjauhi pelaku servis. Pukulan ini harus melampaui pelaku servis tetapi masih di depan partnernya.
Pukulan servis drive lawan, harus Anda kembalikan dengan smes ke tubuh pelaku servis, atau dibabat begitu shuttle melampaui jaring, ke tempat lapangan lawan.
Smes (Smash)
Sasaran yang paling baik untuk pukulan smes dalam permainan ganda adalah langsung menuju tubuh lawan, seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan tentang Taktik dan Strategi Tingkat Dasar. Alasannya adalah :
- Lawan tidak mudah untuk melakukan pukulan drive keras menyilang lapangan, yang mungkin akan menyulitkan Anda;
- Pukulan smes lurus akan lebih cepat mencapai lawan Anda; dan
- Partner main Anda akan mudah menebak arah pukulan smes Anda dan akan dapat menebak kemungkinan pukulan balasan dari lawan.
Bila ternyata lawan Anda dapat mengembalikan pukulan smes Anda dengan baik, ubahlah sasaran pukulan-pukulan Anda ke tempat yang berbeda-beda (misalnya: dari forehand ke backhand, ke forehand, ke backhand). Hal ini akan memaksanya untuk mengubah posisinya pada setiap pukulan Anda. Bila ia mundur ke belakang supaya dapat mengatur waktunya dengan lebih baik dalam menghadapi smes Anda, lakukan pukulan smes dengan sudut tajam dan kecepatan yang lebih rendah. Pukulan ini akan menyebabkan shuttle jatuh ke lantai, di muka raket lawan yang diulurkannya ke muka untuk menjangkau shuttle. Variasikan kecepatan dari pukulan-pukulan smes Anda. Kadang-kadang gunakan pukulan smes datar lambat ke arah dada lawan. Ini akan mengubah pengaturan waktu dan irama permainannya, terutama bila ia berhasil menghadapi smes Anda dengan baik. Bila lawan bergerak ke dekat garis tengah lapangan untuk mempertahankan diri, lakukan pukulan ke arah tepi di bagian belakang lapangannya. Ini terutama akan berhasil bila Anda lebih dahulu melakukan smes ke tengah lapangan, sehingga daerah belakang lapangan lawan menjadi terbuka.
Bila lawan Anda mengarahkan shuttle ke atas, ke tengah lapangan Anda, jatuhkan smes ke garis tengah lapangannya. Hal ini sangat baik karena :
- Keragu-raguan akan membuat kedua pemain lawan sama-sama tidak memukul shuttle; dan
- Sudut pengembalian yang dilakukan lawan tidak akan menyulitkan tim Anda. Pada prinsipnya, usahakan agar tim lawan tidak dapat melancarkan suatu pukulan smes yang diarahkan ke bagian tepi lapangan Anda. Anda akan memenangkan permainan ganda dengan baik bila melakukan pukulan-pukulan smes.
Pukulan Drop
Pukulan drop telah banyak diuraikan dalam membahas Taktik dan Strategi Tingkat Dasar. Pukulan drop digunakan dalam permainan ganda untuk :
- Gerak tipu;
- Mengembalikan keseimbangan Anda; dan
- Sebagai selingan pukulan-pukulan smes.
Pengembalian Smes (Smash Return)
Pukulan pengembalian untuk drive lurus ke depan dan drop lurus, telah diuraikan dalam Taktik dan Strategi Tingkat Dasar. Tiga pukulan pengembalian lain yang sering digunakan dalam permainan ganda, yaitu :
Pukulan clear menyilang lapangan harus mendapat pengaturan waktu (timing) yang tepat, untuk dapat menahan lawan Anda di bagian belakang lapangannya ketika melakukan smes.
Bila Anda dan partner Anda mempunyai pertahanan yang baik dan merasa bahwa Anda akan dapat membuat lawan yang berada pada posisi menyerang menjadi kehabisan tenaga hingga Anda memenangkan pertandingan, gaya pertandingan berikut ini akan cocok untuk Anda. Pukullah shuttle ketika berada di muka tubuh Anda. Waspadalah terhadap kemungkinan perubahan kecepatan shuttle. Karena, pengaturan waktu yang kurang tepat, dapat merusak pukulan pengembalian Anda yang jauh ke belakang dan bersifat mempertahankan diri ini.
Apa yang akan terjadi bila Anda pemain yang berada pada posisi menyilang dari lawan yang melakukan smes, sementara kita tahu bahwa pemain yang berada dalam posisi menyerang akan mengarahkan pukulannya kepada pemain yang berada paling dekat di depannya?
Bila Anda berada pada posisi menyilang, Anda harus mengembalikan smes ke tubuh pemain di hadapan Anda, yaitu ke arah bawah pinggangnya. Untuk ini, Anda dapat mencobanya dengan dua cara pengembalian :
- Drive menyilang;
- Clear menyilang; dan
- Drop menyilang.
Pukulan clear menyilang lapangan harus mendapat pengaturan waktu (timing) yang tepat, untuk dapat menahan lawan Anda di bagian belakang lapangannya ketika melakukan smes.
Bila Anda dan partner Anda mempunyai pertahanan yang baik dan merasa bahwa Anda akan dapat membuat lawan yang berada pada posisi menyerang menjadi kehabisan tenaga hingga Anda memenangkan pertandingan, gaya pertandingan berikut ini akan cocok untuk Anda. Pukullah shuttle ketika berada di muka tubuh Anda. Waspadalah terhadap kemungkinan perubahan kecepatan shuttle. Karena, pengaturan waktu yang kurang tepat, dapat merusak pukulan pengembalian Anda yang jauh ke belakang dan bersifat mempertahankan diri ini.
Apa yang akan terjadi bila Anda pemain yang berada pada posisi menyilang dari lawan yang melakukan smes, sementara kita tahu bahwa pemain yang berada dalam posisi menyerang akan mengarahkan pukulannya kepada pemain yang berada paling dekat di depannya?
Bila Anda berada pada posisi menyilang, Anda harus mengembalikan smes ke tubuh pemain di hadapan Anda, yaitu ke arah bawah pinggangnya. Untuk ini, Anda dapat mencobanya dengan dua cara pengembalian :
- Pukulan drop yang di arahkan ke sisi yang sama dimana lawan yang akan melakukan smes berada. Partner Anda harus bergerak mengikuti pukulan Anda ke dekat jaring; atau
- Pukulan drive lurus ke arah bawah di samping garis samping yang paling dekat dengan Anda. Bila drive lurus ini jatuh di belakang lawan yang berdiri dekat jaring, ia akan memenangkan suatu rally dengan segera, atau akan memaksa lawan yang melakukan smes berlari jauh untuk mencapai shuttle. Bila ia dapat mencapai shuttle tersebut, maka ia mungkin harus memukulnya ke atas, yang akan memberikan kesempatan kepada tim Anda untuk menyerang.
Strategi Dan Taktik Permainan Ganda Campuran Tingkat Tinggi
Servis (Service)
Mengenai hal ini, telah diuraikan secara cukup jelas dalam Taktik Dan Strategi Tingkat Dasar. Pukulan servis rendah atau servis drive yang ditujukan ke bahu kiri, bila dilakukan kadang-kadang (tidak terus-menerus), bisa menjadi efektif karena menimbulkan keraguan sesaat mengenai sisi raket mana yang akan digunakan (forehand atau backhand). Dalam bagian yang membahas mengenai strategi dasar, telah diungkapkan bahwa pemain putri berdiri dekat garis servis pendek pada saat pemain putra melakukan servis, dan di sebelah kiri bila pemain putra tidak bertangan kidal.
Banyak pemain putra yang menempatkan pemain putri pasangannya pada sisi yang sama dengan sisi di mana mereka berdiri untuk melakukan servis. Mereka berpendapat bahwa hal ini akan memberikan posisi yang lebih baik pada tim mereka bila lawan melakukan pukulan drop lurus sebagai balasan. Bila ini dilakukan, maka harus diperhatikan bahwa pandangan lawan (kedua-duanya) menjadi agak terhalang oleh pemain putri tersebut, sehingga kurang jelas dapat melihat gerakan servis dan shuttle.
Pengembalian Servis (Service Return)
Selain kedua pukulan pengembalian servis yang telah disebutkan dalam Taktik Dan Strategi Tingkat Dasar, yaitu drop dan pukulan mendorong shuttle ke tengah lapangan lawan, masih ada tiga jenis pukulan pengembalian servis yang dapat digunakan dalam permainan ganda campuran :
- Drive lurus yang datar diarahkan ke kotak (yaitu persilangan garis sejajar samping dan garis sejajar belakang);
- Pukulan mendorong shuttle ke arah dada pemain putra, biasanya agak menyilang lapangan untuk mengurangi kecepatan shuttle. Pukulan ini dilakukan oleh pemain putra yang mempunyai partner pemain putri yang kuat, sehingga dapat mundur ke belakang pada saat ia melakukan pukulan dari dekat jaring; dan
- Pukulan pendek ke tengah lapangan yang diarahkan tepat melampaui bahu pemain yang melakukan servis. Perhatikan! Gunakan ini hanya pada saat pemain putri melakukan servis karena pemain putra tim lawan akan mempunyai waktu yang cukup banyak untuk dapat melihat shuttle.
Smes (Smash), Drop, Dan Drive
Pukulan ini untuk permainan ganda campuran, juga telah diuraikan dengan cukup jelas dalam Taktik dan Strategi Tingkat Dasar. Masalah satu-satunya yang timbul dalam permainan ganda campuran tingkat tinggi ini adalah formasi di muka dan di belakang yang bersifat mempertahankan diri, yaitu pada saat pemain putri melakukan pengembalian pukulan smes menjauhi pemain lawan. Formasi ini menimbulkan masalah bagi pemain yang menyerang, karena bila menyemes langsung lurus ke muka, pemain putra tim lawan tetap siap menerima pukulan tersebut. Bila ia menyerang pemain putri dengan smes menyilang yang lebih lambat, shuttle dapat diserobot dan dipukul ke sisi lapangan yang berada jauh dari dirinya. Lalu apa yang harus dilakukannya?
Bila pukulan smes tidak berhasil, cobalah melakukan smes dengan sudut curam terhadap tubuh atau bahu kiri pemain putri. Apabila ini tidak berhasil, gunakan drop lurus untuk membuat pemain putra maju ke muka, dan kadang-kadang dikombinasikan dengan pukulan clear datar yang menyerang, diarahkan di atas kepala pemain putri. Ini akan menimbulkan masalah bagi pemain putra tim lawan. Anda juga harus mencoba melakukan smes dan drop yang diarahkan ke bawah, ke tengah lapangan lawan, dan lihatlah apakah ini menimbulkan keraguan di pihak lawan mengenai siapa yang akan melakukan pukulan. Setiap pertahanan mempunyai kelemahan. Oleh karena itu, teruslah menyerang sampai Anda menemukannya.
Pengembalian Smes (Smash Return)
Seperti telah pernah disinggung sebelumnya, pemain putra mencoba menahan smes lawan dengan drive langsung lurus ke pertengahan lapangan lawan. Pukulan ini harus melewati jaring dengan arah layang rendah dan dekat garis tepi lapangan, sedemikian hingga pemain putri lawan tidak dapat menjangkaunya. Ini akan mengubah posisi menyerang pihak lawan.
Kadang-kadang bila pemain putri maju ke depan untuk memotong salah satu pukulan drive yang menuju pertengahan lapangan tadi, maka pukulan drop menyilang akan sangat efektif. Pukulan terakhir ini tidak boleh terlalu lambat. Sebab, jika terlalu lambat, maka pemain putri akan dapat dan siap mengembalikan shuttle kembali ke lapangan Anda.
Pemain putri dapat membantu mempertahankan diri dari pukulan smes yang akan dilakukan pemain putra tim lawan dengan dua cara :
- Mempertahankan salah satu sisi lapangan seperti pada permainan ganda biasa bila ia betul-betul bermain dengan kuat; atau
- Menahan pukulan smes yang ditujukan langsung kepadanya, pada sisi lapangan yang berlawanan dengan sisi di mana smes sebelumnya dijatuhkan.
Bila pemain putra lawan melakukan smes menyilang ke arah pemain putri, ia akan menahan shuttle lurus ke muka. Shuttle biasanya akan melayang ke tengah lapangan, melalui pemain putri lawan, dan akan cukup menyulitkan pemain putra lawan. Alasannya mengapa pemain putri dapat menahan pukulan smes ini dengan efektif adalah karena smes yang dipukul menyilang harus menempuh jarak yang lebih jauh, dan karenanya akan memiliki kecepatan lebih lambat dibandingkan dengan pukulan smes yang lurus.
Strategi Pada Waktu Permainan Berlangsung
Peranan pemain putri dalam ganda campuran adalah harus melakukan semua pukulan ke arah bawah, bila memungkinkan dekat jaring. Ia jarang sekali melakukan pukulan ayunan dari belakang. Selain itu, ia juga harus mencoba untuk selalu mematikan atau melakukan pukulan mendorong ke tengah lapangan bila memungkinkan.
Pemain putri jangan mengulurkan tangannya ke belakang pada saat melakukan pukulan. Karena, biasanya pemain putra berada pada posisi yang lebih baik untuk memukul shuttle. Bila pemain putri mengulurkan tangan ke belakang, biasanya ia akan melakukan pukulan yang lemah. Pemain putri harus merupakan pemain jaring yang sangat teliti dan cermat, dan harus dapat menghadapi pemain putri lawan di seberang jaring. Ia harus selalu melakukan pukulan-pukulan lurus, kecuali bila pemain putri lawan terdesak ke salah satu sisi lapangan. Dalam hal ini, pukulan menyilang lapangan dapat dilakukan dengan aman.
Pemain putra dalam permainan ganda campuran biasanya akan memukul kira-kira dua per tiga dari jumlah pukulan-pukulan yang dilakukan timnya. Ia akan selalu berusaha melayangkan shuttle secara datar atau mengarah ke bawah, bila memungkinkan, dengan melakukan clear ke pertengahan lapangan.
Bila pemain putri tim lawan dapat dengan cepat mencapai pukulan ke tengah lapangan tersebut, dan cukup menyukarkan tim Anda dengan pukulan-pukulan balasannya, lakukan pukulan-pukulan jauh yang jatuh ke kotak di sudut belakang lapangan lawan (persilangan antara garis sejajar samping dan garis sejajar belakang). Ini akan mengurangi waktunya untuk mempermainkan Anda.
Pada setiap kesempatan yang memungkinkan, suatu tim harus selalu melakukan pukulan smes karena inilah cara terbaik untuk menang dalam permainan ganda atau ganda campuran.
Bila Anda bermain melawan tim ganda campuran yang menggunakan formasi bersisian, seranglah mereka seperti menyerang tim ganda biasa, yang memberikan pukulan drop dan smes Anda ke garis tengah lapangan.
Bila pemain putri lawan tidak kuat, gunakan pukulan drop dan clear yang menyerangnya sehingga ia terpaksa berlari ke muka dan ke belakang lapangannya. Kadang-kadang pemain putra justru yang lebih lemah. Bila demikian keadaannya, Anda harus membuat pemain putra yang lebih lemah tersebut berlari maju dan mundur dalam bidang permainannya sampai akhirnya ia mengembalikan shuttle dengan pukulan lemah yang memungkinkan Anda untuk mematikannya dengan pukulan smes.